Senin, 19 Januari 2009

Software Teknik Sipil


Buat para mahasiswa dan fresh graduate Teknik Sipil, bertanyalah pada diri kita sendiri, apakah penguasaan komputer kita sudah memadai? Aplikasi office MS word dan Excel sih standar semua orang, bukan standar teknik Sipil. Bukankah begitu? Ternyata banyak juga ya perangkat lunak yang berguna bagi mahasiswa dan alumni teknik sipil.


AutoCad
Di tingkat 1, ada mata kuliah gambar teknik atau konstruksi bangunan, khan? Setelah lulus mata kuliah itu, seharusnya mahasiswa mulai mendalami Autocad. Dalam pekerjaan nyata, gambar-gambar detail bangunan dibuat dengan program ini. Autocad adalah software untuk gambar teknik. Software ini digunakan untuk membuat detail gambar dari perencanaan. Misalnya detail perencanaan gedung dan jembatan. Sayang sekali, dalam kegiatan asistensi, ternyata banyak asisten dosen, terutama dari kalangan senior, yang justru tidak menguasai Autocad.


MathCad
Nah.. ini dia informasi penting dan berguna, karena masih banyak sekali para alumni dan dosen teknik sipil yang tidak tahu manfaat software ini.

Seperti kita ketahui, banyak sekali pekerjaan perencanaan Teknik Sipil yang melibatkan perhitungan-perhitungan matematis. Sebaiknya program ini mulai diutak-atik sejak masuk tahun ke 2 kuliah. Software ini berguna untuk mendalami mata kuliah apapun yang menggunakan perhitungan. Keistimewaan mathcad adalah:

* bentuk rumus sesuai dengan aslinya
* sekaligus dapat menganalisis satuan hitungan yang digunakan.

Saya pribadi menggunakan mathcad untuk alat bantu perhitungan pada mata kuliah: struktur baja, struktur beton bertulang, struktur beton prategang. Bagi yang ingin mendalami mathcad, saya rekomendasikan untuk mengkopi diktat kuliah Struktur Baja LRFD, Prof Bambang Suryoatmono, PhD, Universitas Parahyangan Bandung. Oh ia, saat ini, ternyata diktat Struktur Kayu Unpar juga ditulis dengan software Mathcad. Cara terbaik belajar Mathcad, mula-mula, cobalah salin lembar kerja mathcad yang ada di diktat tersebut. Setelah itu, cobalah untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah dengan mathcad. Untuk gambar-gambar ilustrasi, bisa kita gunakan Visio dan Corel Draw untuk gambar yang tidak perlu berskala. Untuk gambar yang berskala, Autocad lah ahlinya.


Visio

Sangat membantu untuk membuat sketsa gambar teknik yang tidak terlalu membutuhkan detail skala. Dalam mata kuliah bahasa pemrograman komputer dan Metoda Numerik, software ini sangat membantu penggambaran diagram alir.


Software Analisis Struktur

Jika telah menguasai Mekanika Teknik dan dasar-dasar perencanaan struktur, cobalah untuk mempelajari software-software berikut:
  • SAP
  • ETABS
  • STAAD Pro
  • Midas Civil

Software Manajemen Proyek

Jika sudah mengambil mata kuliah Manajemen Konstruksi atau Tata Laksana Proyek, cobalah untuk mempelajari:
  • Microsoft Project
  • Primavera Project Planner

4 komentar:

  1. Akhirnya jadi nulis juga si bos hehehe...
    Coba aja kalo tau dari awal kayaknya ane udah lulus nih hehehe...

    BalasHapus
  2. boleh tau bagaimana bisa dapet referensi untuk belajar software MIDAS Civil? Buku atau tempat kursus..?? Please..

    many thanks,
    demy.yc@gmail.com

    BalasHapus
  3. Langsung aja gan....!!!
    Software ini bisa digunakan untuk mereka yang bergerak di bidang teknik sipil khususnya konstruksi gedung, dengan program ini menjadikan pekerjaan menjadi lebih cepat, mudah dan simpel.
    software ini menggunakan microsoft excel yang sudah dimodifikasi dengan visual basic gan

    Bar Bending Schedule (Bestat)
    Kebutuhan Bahan Material Site Mix
    Kebutuhan dan Monitoring Scafolding
    Penyimpanan Material untuk Logistik Proyek
    Perhitungan Volume Struktur untuk RAP
    http://www.inv.webnode.com

    BalasHapus
  4. ini linknya http://www.inv.webnode.com

    BalasHapus