Selasa, 20 Januari 2009

Keuntungan Menggunakan VB Bagi Calon Sarjana Sipil

Saat kuliah di ITB, saya punya dosen yang begitu fanatik pada bahasa pemrograman C++. Entah kenapa, menurut beliau, VB dan Delphi bukanlah bahasa pemrograman yang serius bagi Teknik Sipil. Ah, masa sih Pak? Sebetulnya serius atau tidak khan tergantung yang make. Lebih baik pake VB sederhana tapi menghasilkan banyak program numerik bermanfaat daripada guma komentar gagayaan tapi gak ada bukti. Setuju?

Menurut saya dan rekan-rekan praktisi pemrograman, ada beberapa keuntungan menggunakan VB dibanding bahasa pemrograman lain yang lebih “serius”.

Pertama, kurva pembelajaran dan pengembangan yang lebih singkat/mudah dibanding dengan bahasa pemrograman lain, seperti C/C++, Delphi atau PowerBuilder sekalipun. Meskipun pernyataan ini masih bisa diperdebatkan. Tetapi yang jelas, VB merupakan bahasa pemrograman yang sangat populer dan banyak penggunanya. Cukup banyak literatur, kursus, situs internet ataupun komunitas yang siap membantu. Yang perlu disiapkan hanya tinggal kemauan dan kerja keras, dan pengaturan waktu yang baik untuk mempelajarinya.

Kedua, Visual Basic for Application (VBA) digunakan oleh keluarga Microsoft Office (Word, Excel, Access, PowerPoint, Project). VBA dikembangkan dari aplikasi yang sebelumnya dikenal dengan istilah macro, otomasi langkah-langkah berulang. Dengan adanya VBA, kemampuan macro dapat ditingkatkan menjadi seperti bahasa pemrograman lain. Bagi yang ingin mengoptimalkan kemampuan Autocad pun, dapat digunakan macro yang menggunakan VBA, bukan Fortran, he he..

VBA tidak berbeda dengan VB, jika dipelajari dan dimanfaatkan dengan produk software di atas, akan menjadi investasi yang berharga.

Itulah keunggulan VB. Tapi biar lebih, fair, kita bahas dikit soal kekurangan VB di sini. Oke? Pertama, dibanding dengan C/C++, maka file distribusi run-time yang dihasilkan VB berukuran lebih besar. VB juga fungsi-fungsi untuk mengambil fitur-fitur sistem operasinya lebih sedikit.

Kedua, VB bukanlah sepenuhnya bahasa pemrograman yang berorientasi objek seperti C/C++ dan Borland Delhpi. Kecuali VB Net dan versi yang lebih canggih. Kekurangan OOP VB 6 ke bawah adalah dalam hal konsep inheritance atau pewarisan. By the way, apaan tuh OOP dan inheritance? Itu mah urusan orang Informatika kali ya, orang Sipil mana urus? Yang penting buat kita-kita khan asal program bisa jalan dan hasilnya bener, khan? He he.

1 komentar:

  1. Kalo VBA jadi materi wajib bahasa pemrograman
    kayaknya mahasiswa bakal makin enjoy pake excel ya bos?Di situ diprogramkannya,di situ juga ditampilkan hasil pemrogramannya. Outputnya bisa ditampilkan sebagus mungkin trus tinggal dimasukkan ke word. Yang bisa VBA excel ini mudah2an aja cepet lulus ya bos hehehe...

    BalasHapus